Pengembangan Aplikasi @Webplan untuk Perhitungan Waktu Standar pada Proses Perakitan Manual

Main Article Content

Agus Sutanto

Keywords

Abstract

Karya tulis ini berkenaan dengan pengembangan perangkat lunak berbasiskan Web untuk perhitungan waktu kerja standar yang merupakan sebuah modul tambahan pada aplikasi perangkat lunak untuk perancangan sistem kerja berbasiskan Web atau yang diberi nama @WebPlan® yang sudah dikembangkan oleh penulis. @WebPlan ini merupakan integrasi dari beberapa modul untuk perancangan tataletak dan disain stasiun kerja secara virtual 3D. Beberapa modul sudah dirancang sebelumnya yaitu modul untuk visualisasi produk dan strukturnya sehingga dimungkinkan visualisasi yang interaktif untuk proses perakitannya. Sedangkan modul utama dalam @WebPlan ini adalah 3D Facilities Layout dan disain/layout stasiun kerja. Untuk tujuan ini juga sudah dibuat beberapa alat bantu yaitu model manusia 3D untuk beberapa persentil dan beberapa analisa dan checklist ergonomi. Pengembangan aplikasi @WebPlan ini untuk perhitungan waktu standar pada produksi serial merupakan suatu yang sangat diperlukan untuk menentukan waktu total yang diperlukan dalam memproduksi/merakit sebuah produk. Waktu total ini merupakan data penting dalam membuat konfigurasi stasiun kerja untuk pembuatan produk. Metoda Pengukuran waktu perakitan yang dipakai dalam hal ini adalah MTM-UAS (Universal Analysing System) yang sangat cocok untuk perakitan manual. Hasil perhitungan waktu proses perakitan ini divalidasi dengan proses perakitan yang sebenarnya dan tidak menunjukkan perbedaan harga yang cukup signifikan. Beberapa kemudahan yang didapat pada metoda ini adalah MTM-UAS menggabungkan beberapa gerakan dan tidak terlalu detail dibandingkan metoda pengukuran waktu lainnya. Akan tetapi memiliki hasil yang cukup mendekati hasil yang sebenarnya. Modul aplikasi perhitungan waktu standar ini merupakan bagian yang diintergrasikan nantinya dalam perancangan tataletak dan stasiun kerja secara virtual 3D

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] C.L. Blais, D. Brutzman, J.W. Harney, and J. Weekley, “Emerging Web-based 3D Graphics for Education and Experimentation,” dalam Proceeding of 2002 Interservice/Industry Training, Simulation, and Education Conference, Orlando, Florida, Dec., 2002.
[2] L. Monplaisir, Collaborative Engineering for Product Design and Development, California, USA: American Scientific Publishers, 2002.
[3] H. Mukundan, “Editorial: Virtual Manufacturing,” Journal of Advanced Manufacturing Systems, vol. 1, no. 1, 1-3, 1987.
[4] E. Müller, T. Gäse, and J. Riegel,“Layoutplanung partizipativ und vernetzt,“ Journal of wt Werkstattstechnik, vol. 94, no. 04, pp. 266-270, 2004.
[5] N. N., Körpermaße des Menschen, DIN 33402, 1986
[6] N. N.:DELMIA V5 Human Solutions. In: Konstruktion-Praxis, Ausgabe 10/2004.
[7] REFA (Hrsg.): Methodenlehre des Arbeitsstudiums, Teil 2 Datenermittlung. 7. Auflage. München: Carl Hanser Verlag 1992
[8] G. Schuh, M. Bergholz, S. Gottschalk,“Fabrikkonzepte für die kollaborative Produktion,“ Journal of wt Werkstattstechnik,“ vol. 93, no. 4, pp. 300-304, 2003.
[9] A. Sutanto,“@Webplan Versi 1 : Prototip Perangkat Lunak Untuk Solusi Perancangan Sistem Perakitan,” Jurnal Teknika vol. 3, no. 27, 2007.
[10] A. Sutanto,“Disain Stasiun Kerja yang Ergonomis dengan Metoda Virtual
Manufacturing,“ Jurnal Optimasi Sistem Industri, vol. 6, no. 2, 2007.
[11] A. Sutanto, “Alat Bantu Analisis Ergonomi Berbasis Web sebagai Pendukung Perangkat Lunak @WebPlan,“ Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 1, 2007.
[12] E. Westkämper, M. Pfeffer, M. Dürr, “Partizipative Fabrikplanung mit
kalierbarem Modell,“ Journal of wt Werkstattstechnik, vol. 94, 2004.