Audit Efisiensi pada Proses Produksi Minuman Ringan di PT Coca Cola Bottling Indonesia (CCBI) Central Sumatera

Main Article Content

Alizar Hasan
Morena Tantilia

Keywords

Abstract

Efisiensi menjadi salah satu faktor pencapaian produktivitas suatu perusahaan, baik dari segi bahan baku, kualitas, peralatan, serta kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai perusahaan satu-satunya yang menjalankan proses pembotolan dan distribusi produk minuman ringan ternama di bagian Sumatera Tengah, PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Sumatera selalu berupaya meningkatkan produktivitas produksi, sehingga kinerja perusahaan dapat terus dipertahankan. Melalui penelitian ini, dilakukan audit dan evaluasi terhadap kinerja efisiensi proses produksi minuman ringan di PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Sumatera dengan tahapan melakukan pengukuran terhadap efisiensi proses produksi dengan menggunakan 12 indikator Barbiroli secara teknis dan ekonomis. Selain itu, juga dilakukan penentuan status efisiensi proses produksi berdasarkan penilaian pakar secara kualitatif. Sebagai upaya peningkatan efisiensi, direkomendasikan beberapa alternatif perbaikan melalui penentuan prioritas dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa efisiensi teknis proses produksi minuman ringan Frestea Jasmine adalah sebesar 91.58 % yang digolongkan pada tingkatan tinggi sedangkan efisiensi ekonomis adalah sebesar 24.33 % yang digolongkan pada tingkatan sedang. Namun, berdasarkan penilaian tiga orang pakar secara kualitatif, status tingkat efisiensi proses produksi secara teknis berada pada tingkat sedang (medium) dan secara ekonomis berada pada tingkat rendah. Pemilihan alternatif perbaikan dengan Analytical Hierarchy Process menunjukkan bahwa prioritas perbaikan untuk peningkatan efisiensi adalah memperbaiki sistem perawatan mesin produksi dengan bobot 0.476, memperbaiki metode inspeksi proses pembotolan produk dengan bobot 0.293, dan memaksimalkan penggunaan bahan baku produksi dengan bobot 0.231. Dengan demikian, perbaikan terhadap sistem perawatan mesin produksi diharapkan mampu meningkatkan efisiensi proses produksi PT Coca Cola Bottling Indonesia, khususnya untuk minuman jenis Frestea Jasmine, karena penanganan sistem perawatan mesin yang baik berkaitan dengan optimalisasi penggunaan bahan baku, kapasitas produksi, kualitas produk yang dihasilkan, serta biaya produksi.
Keywords: Efisiensi teknis dan ekonomis, Analytical Hierarchy Process, prioritas perbaikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] H. Adiyatna, “Audit Kinerja Efisiensi Produksi Agroindustri Minuman Teh”,Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol. XII, No.1, 2001.
[2] A. P.Kabanga, Analisis Efisiensi Teknis dan Ekonomis dari proses produksi pada PT Fendi Furindo,Digital Collections Universitas Kristen Petra, 2003.
[3] V. Lianna, Penggunaan aspek-aspek teknis dan ekonomis sebagai dasar pengukuran tingkat efisiensi di PT Schering Plough Indonesia, Digital Collections Universitas Kristen Petra, 2003.
[4] Marimin, Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk, Jakarta:PT. Grasindo, 2004.
[5] Riduwan, Metode Dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung:Alfabeta, 2004.
[6] I. Santoso, “Penentuan Produk Olahan Apel Unggulan Menggunakan Teknik Fuzzy Non Numerik dan Analisis Struktur serta Pola Pembinaan Kelembagaannya”,Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol. XII, No. 2, 2001.
[7] M. Siska,Pemilihan Model Desain Telepon Seluler Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,[Tugas Akhir], Universitas Andalas, Padang, 2008.