Analisis Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry dan Samsung Android

Main Article Content

Alizar Hasan
Yumi Meuthia
Berry Yuliandra
Indah Desfita

Keywords

Abstract


Technological developments lead to the entire company continues to enhance innovation in creating products derived from it, including the telephone industry.In a few years, the telephone industry introduced a variety of smartphone, including smartphones based on operating system RIM (Research in Motion) which produces branded Blackberry and smartphone based Android operating system with one of the companies that have joined with the operating system is Samsung Android. The research was conducted by measuring the consumer based marketing mix and should be able to explain what factors areas sociated with the sale of the two smartphones. Marketing mixis a set ofmarketing toolsused by companies to continuously achieve their marketing goals. The marketing tools are classified into four groups namely known 4Ps: product, price, place, and promotion. This research was conducted by distributing questionnaires to the respondents as many as 160 pieces and 160 pieces of Blackberry smartphones to the Samsung Android smartphone respondents. Tests performed with Kendall Tau correlation test using SPSS 15 software. The results showed that the variables of product, price and promotion has a significant correlation to the consumer buying decision on Blackberry smartphones. However, variable rates become very dominant variables related to consumer purchasing decisions for Blackberry smartphones. Meanwhile the Kendall Tau correlation test on the Samsung Android smartphones, only products have a price and a significant correlation on consumer purchasing decisions against Samsung's Android smartphones, and variable products become a dominant variables related to consumer purchasing decisions. Thus it can be done by both companies marketing strategies in order to achieve sales targets and products in accordance with marketing objectives.
Keywords: Phones, smartphones, Blackberry, Samsung Android, marketing mix, purchasing decisions

Abstrak
Perkembangan teknologi menyebabkan seluruh perusahaan terus meningkatkan inovasiinovasi dalam menciptakan produk yang dihasilkannya, termasuk pada industri telepon. Pada beberapa tahun belakangan ini industri telepon memperkenalkan teleponsmartphone yang beragam, diantaranya smartphone yang berbasis sistem operasi RIM (Research in Motion) yang memproduksi telepon bermerek Blackberry dan smartphone yang berbasis sistem operasi Android dengan salah satu perusahaan yang telah bergabung dengan sistem operasi tersebut adalah Samsung Android. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran kepada konsumen berdasarkan bauran pemasaran dan diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan penjualan di antara kedua smartphone ini. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan secara terus menerus untuk mencapai tujuan pemasarannya. Alat pemasaran tersebut di klasifikasikan menjadi empat kelompok yang dikenal 4P yaitu: produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 160 buah kepada responden smartphone Blackberry dan 160 buah kepada responden smartphone Samsung Android. Pengujian dilakukan dengan uji korelasi Kendall Tau menggunakan software SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga dan promosi mempunyai korelasi yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap smartphone Blackberry. Namun variabel harga menjadi variabel yang sangat dominan berhubungan dengan keputusan pembelian konsumen terhadap smartphone Blackberry. Sementara itu pada pengujian uji korelasi Kendall Tau pada smartphone Samsung Android, hanya variabel produk dan harga yang mempunyai korelasi yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap smartphone Samsung Android, dan variabel produk menjadi variabel yang sangat dominan berhubungan dengan keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian dapat dilakukan strategi pemasaran oleh kedua perusahaan agar target penjualan produk tercapai dan sesuai dengan tujuan pemasaran.
Kata kunci: Telepon, smartphone, Blackberry, Samsung Android, bauran pemasaran, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management 14th edition, New Jersey: Prentice Hall, 2012.
[2] P. Kotler and G. Armstrong, Principles of Marketing 14th edition, New Jersey: Prentice Hall, 2012.
[3] F. Komalasari, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia E series. Universitas Gunadarma.
[4] Schifman dan Kanuk, Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks, 2000.
[5] P. Anoraga, Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
[6] B. Swastha dan H. Handoko, Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Liberty, 1997.
[7] F. Rangkuti, Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
[8] J. P. Peter dan J. C. Olson, Consumen Behaviour: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Terjemahan Damos Sihombing, Jilid 1, Edisi 4, Jakarta: Erlangga, 2000.
[9] M. Singarimbun dan S. Effendi, Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES, 1989.
[10] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2004.
[11] A. T. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen, Semarang: BP Undip., 2006.
[12] H. Kartajaya, MarkPlus on Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
[13] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS Edisi Ketiga, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005.
[14] T. P. Budi, SPSS 13.0 Terapan, Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Andi, 2005.
[15] F. Nugraha, Jumlah Pelanggan Seluler di Indonesia Hampir Mendekati Jumlah Penduduk Indonesia, http://www.teknojurnal.com/2012/01/18/jumlah-pelanggan-seluler-di-indonesia-hampir-mendekati-jumlah-penduduk-indonesia/ . Diakses tanggal 9 September 2012, 2012
[16] S. Saptoadi, Blackberry Masih Menguasai Pangsa Pasar Ponsel Di Indonesia, http://www.teknomedianews.com/blaackberry-masih-menguasai-pangsa-pasar-ponsel-di-indonesia/ . Diakses tanggal 9 September 2012, 2012