Simulasi Pelayanan Kasir Swalayan Citra Di Bandar Buat, Padang

Main Article Content

Dewi Rahmadani

Keywords

Abstract

Antrian merupakan salah satu fenomena yang terjadi dalam aktifitas sehari-hari dialami oleh pelanggan. Akibat dari antrian ini banyak pelanggan beralih ke tempat lain untuk menghindari suatu antrian dan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal walaupun harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. Citra swalayan merupakan suatu usaha yang begerak dibidang jasa yang menyediakan kebutuhan manusia sehari-hari. Masalah yang terjadi pada citra swalayan adalah banyaknya antrian pada kasir saat konsumen akan membayarkan belanjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk meminimasi lama waktu antrian pada kasir dan memaksimalkan jumlah pelanggan yang selesai dilayani di Citra Swalayan. Data yang diambil atau digunakan yaitu data waktu pelanggan yang datang ke sistem, waktu mulai pelayanan, dan waktu selesai pelayanan. Untuk memperbaiki sistem perbaikan pada Citra Swalayan perlu yang dilakukan yaitu dengan melakukan skenario penambahan server. Berdasarkan dari skenario usulan dari hasil arena bahwa didapatkan nilai antrian terkecil dengan penambahan dua server, sehingga terdapat empat kasir di citra swalayan

Downloads

Download data is not yet available.