Perancangan Standar Penilaian Kinerja Pemeliharaan Lampu Jalan Berdasarkan Key Performance Indicators (KPI’s): Studi Kasus di Kota Padang

Main Article Content

Nilda Tri Putri
Insannul Kamil
Demi Ramadian

Keywords

Abstract

Sistem transportasi yang baik dan memadai merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan terhadap keperluan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya setiap hari. Aktivitas transportasi tidak hanya berlangsung pada siang hari, namun juga dilakukan pada malam hari sehingga keberadaan lampu penerangan jalan sangat penting untuk menerangi jalan dan melancarkan kegiatan transportasi tersebut. Saat ini kondisi lampu jalan di Kota Padang banyak yang mengalami kerusakan. Penyebab utama kerusakan lampu jalan adalah tegangan, yaitu beban puncak yang terjadi mulai dari pukul 18.00-23.00 WIB. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan Key Performance Indicator (KPI) untuk menghasilkan standar penilaian kinerja dalam melakukan penilaian terhadap pemeliharaan lampu jalan yang ada di kota Padang. Perancangan dimulai dengan mengidentifikasi KPI yang didapatkan dari studi literatur. KPI yang telah didapatkan divalidasi kepada stakeholder untuk mendapatkan KPI yang cocok untuk diterapkan di kota Padang. Setelah itu dilakukan pembobotan KPI melalui perbamdingan berpasangan dengan menggunakan metode AHP.
Keywords: penilaian, kinerja, key performance indicators, kinerja pemeliharaan lampu jalan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Undang-undang RI No. 38 Tahun 2004
[2] Departemen Pekerjaan Umum. (1991). No. 12/S/BNKT/1991. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga.
[3] Creswell, J. W. (1998). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.
[4] Edwards, Chris. (2007). Street Lighting - Performance. Shropshire County Council.
[5] Dumfries And Galloway Council. (2009). Statutory Performance Indicators (SPI’s) 2008/2009. English Street, Dumfries.
[6] Wolverhampton City Council. (2004). Street Lighting Operational Policy Statement. Wolverhampton.
[7] Hepburn Shire Council. (2008). Sustainable Public Lighting Action Plan.
Victoria. Australia.
[8] Berliner Energieagentur. (2006). Performance Contracting for Street Lighting. Berlin. Jerman.
[9] APSE. (2011). Performance Network.